Group B : “Nigeria”

Nigeria

Data

Asosiasi : Nigeria Football Federation
Julukan : Super Eagles
Seragam : Hijau-Hijau
Kapten : Nwankwo Kanu
Pelatih : Shaibu Amodu
Profile Singkat

NIGERIA menandai penampilan pertamanya di ajang elit Piala Dunia pada 1994. Di bawah arahan pelatih Clemens Westerhof yang dianggap sebagai pelatih terbaik, Nigeria sukses membuat gebrakan dengan lolos ke putaran kedua atau babak 16 besar.

Tergabung dengan Bulgaria, Yunani dan tim tangguh Argentina di Grup D, Nigeria menggebrak dengan menduduki posisi teratas babak penyisihan grup. Daniel Owefin Amokachi dkk sukses membekap Bulgaria 3-0 di pertandingan pembuka, kalah 1-2 dari Argentina dan menang 2-0 atas Yunani. Dengan koleksi enam poin, atau sama dengan Bulgaria dan Argentina, Nigeria dipastikan menjadi juara grup karena unggul aggregat gol. Bulgaria yang menang head to head atas Argentina mendampingi Nigeria ke babak selanjutnya.

Nahas bagi Nigeria, pada babak 16 besar mereka harus berjumpa tim kuat Italia. Namun, perjuangan Nigeria di penampilan perdananya di Piala Dunia terbilang cukup impresif. Nigeria berhasil menahan imbang 1-1 Italia di waktu normal, sebelum akhirnya harus menyerah 2-1 di babak tambahan oleh gol Roberto Baggio.

Tampil apik di Piala Dunia Amerika Serikat, Nigeria kembali mencoba peruntungannya di Piala Dunia 1998, Pransis. Bak mengulang memori empat tahun silam, Nigeria berhasil lolos dari babak penyisihan grup dengan status juara grup. Dengan koleksi enam poin, Nigeria yang didampingi Paraguay berhasil mengehntikan langkah tim besar seperti Spanyol dan Bulgaria yang harus puas duduk di posisi tiga dan empat (tersingkir).

Sesuai dugaan, memori empat tahun silam pun kembali terulang. Langkah tim Elang Super kembali terhenti di babak 16 besar. Berjumpa dengan Denmark yang tampil sebagai runner-up Grup C, Nigeria dipaksa angkat koper setelah dipecundangi 4-1 oleh skuad Dinamit.

Prestasi terburuk Nigeria terjadi pada Piala Dunia 2002, Korsel-Jepang. Tergabung di grup neraka bersama dengan Inggris, Argentina dan Swedia, Nwankwo Kanu dkk harus tereleminasi di putaran pertama. Nigeria harus angkat koper setelah terdampar di dasar klasemen dengan hanya meraih satu kemenangan.

Setelah absen di Piala Dunia 2006, Jerman, Nigeria kembali menjejakkan kakinya di Piala Dunia 2010. Keberhasilan Nigeria lolos ke Afrika Selatan terbilang dramatis. Pasalnya, Nigeria harus bersaing ketat dengan Tunisia hingga pertandingan terakhir. Beruntung, di partai terakhir, Nigeria sukses membekap Kenya 3-2, sementara Tunisia secara mengejutkan ditumbangkan Mozambique 0-1.

Namun, Nigeria dipastikan harus bekerja lebih baik dari penampilan mereka di babak kualifikasi jika ingin mengukir prestasi. Pasalnya, jalan terjal harus dilakoni Obafemi Martins dkk di babak penyisihan Grup. Mereka harus mampu menjinakkan Argentina, Korea Selatan dan Yunani di putaran pertama.

Kecepatan Obafemi Martins
Obafemi Martins pantas disebut sebagai pemain yang bakal bersinar di kubu Nigeria pada perhelatan kali ini. Pengalamannya merumput di Eropa bersama Inter Milan, Newcastle United dan kini Vfl Wolfsburg menjadi tolak ukur.

Sepanjang babak kualifikasi, striker 25 tahun ini juga tampil cukup mengesankan dengan mencetak gol penentu kemenangan Nigeria atas Kenya (3-2) yang mengantar Nigeria lolos ke Afrika Selatan.

Selain koleksi golnya, hasrat besar untuk bisa menjadi pujaan publik Nigeria pun menjadi penambah motivasi Martins. Pasalnya, ini merupakan panggung tepat bagi Martins untuk unjuk kebolehan di penampilan perdananya di pentas Piala Dunia.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s