Group B : “Yunani”

Yunani

Data

Asosiasi : Hellenic Football Federation
Julukan : The Pirates Ship
Seragam : Putih-Putih
Kapten : Giorgos Karagounis
Pelatih : Otto Rehhagel
Profile Singkat

TIMNAS Yunani sempat menghebohkan dunia sepakbola dengan tampil sebagai kampiun Euro 2004. Namun, jika menilik prestasi The Pirates Ship di kancah Piala Dunia? Nol. Yunani belum sekalipun mencetak prestasi di turnamen empat tahunan yang diikuti seluruh Negara terbaik di dunia.

Perjuangan pertama Yunani di Piala Dunia terjadi pada Piala Dunia Amerika Serikat, 1994 silam. Saat itu, Yunani tergabung dengan tiga tim kuat Nigeria, Bulgaria dan Argentina di babak penyisihan grup.

Penampilan perdana Yunani di ajang empat tahunan ini pun harus berakhir menyakitkan. Yunani harus terlempar di putaran pertama setelah menelan tiga kekalahan dari lawan-lawannya. Ironisnya, dari tiga pertandingan yang dilakoninya, Yunani harus kebobolan 10 gol tanpa memasukkan satu pun gol.

Usai penampilan memalukannya di Piala Dunia 1994, Yunani absen di tiga perhelatan berikutnya (1998, 2002 dan 2006). Kendati pada 2004 tampil mengesankan dengan menundukkan tuan rumah Portugal dan tampil sebagai juara Eropa, namun, Yunani tetap gagal melenggang ke putaran final 2006 di Jerman karena tak mampu bersaing dengan Ukraina dan Turki di babak kualifikasi.

Yunani akhirnya mengakhiri penantian panjangnya dengan melaju ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ini juga tercatat sebagai penampilan kedua Yunani di kancah Piala Dunia. Namun, untuk merebut tiket ke babak penyisihan grup, Yunani harus terlebih dulu melewati hadangan Ukraina di babak play-off. Yunani lolos dengan aggregat 1-0 setelah sebelumnya main imbang 0-0 di Athena dan menang 1-0 di Donetsk.

Di fase penyisihan grup nanti, Yunani harus kembali berhadapan dengan duai tim yang menghadirkan mimpi buruk bagi mereka pada penampilan perdana di Piala Dunia 1994, Amerika Serikat. Ya, Yunani akan kembali tergabung dengan Nigeria dan Argentina serta Korea Selatan.

Theofanis Gekas
Koleksi 10 gol yang disumbangkannya sepanjang babak kualifikasi membuat striker Yunani, Theofanis Gekas pantas disebut pemain yang paling berpotensi memancarkan sinarnya di Afrika Selatan.

Bomber 29 tahun yang kini tengah dipinjamkan Bayer Leverkusen ke Hertha Berlin ini tampil sebagai aktor dominan Yunani dalam menggenggam tiket ke putaran final.

Ya, dengan koleksi 10 gol yang dilesakkannya, Gekas terpilih sebagai topskor babak kualifikasi zona Eropa, unggul satu gol atas striker Inggris, Wayne Rooney (9 gol).

Dengan koleksi 20 gol dari 45 penampilan yang dilakoninya bersama Yunani sejak 2005, Gekas dipastikan bakal menjadi ancaman serius rival-rival Yunani di babak penyisihan Grup nanti.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s