Group C : “Slovenia”

Slovenia

Data

Asosiasi : Football Association of Slovenia
Julukan : Igralci
Seragam : Putih-Putih
Kapten : Robert Koren
Pelatih : Matjaz Kek
Profile Singkat

SLOVENIA baru pertama kali tampil di Piala Dunia 2002. Sayang, hasil yang mereka dapat sangat mengecewakan. Negara yang saat itu dilatih Srecko Katanec tersebut gagal meraih kemenangan sekalipun.

Kini, Slovenia kembali berlaga di PD untuk kedua kalinya. Namun, perjalanan negara pecahan Yugoslavia itu sangat berliku. Setelah lolos sebagai runner-up Grup 3 Kualifikasi PD 2010, Robert Koren dkk berhadapan Rusia di babak play off.

Kendati sempat menelan kekalahan 1-2 pada leg perdana di Moscow, Slovenia memastikan diri lolos ke PD setelah meraih kemenangan 1-0 melalui gol tunggal Zlatko Dedic.

Di Afrika Selatan mendatang, Slovenia tergabung bersama Inggris, Amerika Serikat dan Aljazair. Tim besutan Matjaz Kek tersebut menjadi salah satu kuda hitam dalam ajang empat tahunan tersebut.

Palang Pintu Terakhir; Samir Handanovic
Samir Handanovic merupakan salah satu kiper hebat di Slovenia. Handanovic memulai karir sepakbola bersama klub Domazale. Udinese tertarik untuk meminangnya pada musim 2004 silam.

Bahkan, kehebatan Handanovic membuat Udinese tertarik untuk membawanya kembali untuk menggantikan kiper Morgan De Sanctis pada musim 2007 silam. Sejak saat itu, Handanovic menjadi pemain andalan Udinese.

Hingga kini, kiper bertinggi 1,96 meter tersebut sudah memperkuat Slovenia sebanyak 34 kali. Jadi, Slovenia sangat mengandalkan kepiawaiannya supaya dapat berbicara banyak di Afrika Selatan nanti.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s