Group D : “Ghana”

Ghana

Data

Asosiasi : Ghana Football Association
Julukan : The Black Stars
Seragam : Putih-Putih
Kapten : Stephen Appiah
Pelatih : Milovan Rajevac
Profile Singkat

SEPAK terjang Ghana di pentas Piala Dunia memang masih asing terdengar di telinga kita. Piala Dunia 2006 bahkan menjadi penampilan perdana tim berjuluk The Black Stars ini. Namun, kendati baru tampil perdana, Ghana mampu membuat gebrakan dengan melaju ke putaran kedua.

Di fase penyisihan grup, Ghana yang tergabung di grup sulit bersama Italia, Rep. Ceska dan Amerika Serikat, sempat diremehkan sejumlah kalangan. Namun, diluar dugaan mereka mampu membalikkan prediksi banyak orang dengan membungkam Rep. Ceska 2-0 dan Amerika Serikat 2-1, sebelum akhirnya mendampingi Italia ke babak 16 besar.

Sayang, di babak 16 besar Michael Essien dkk harus berhadapan dengan langganan juara Brasil. Alhasil, langkah Ghana pun terhenti di fase ini setelah dibungkam Selecao 3-0.

Ghana melakoni babak kualifikasi menuju Piala Dunia Afrika Selatan dengan gemilang. The Black Stars meraih empat kemenangan beruntun di empat pertandingan awal babak kualifikasi, sehingga membuat mereka tampil sebagai wakil Afrika pertama selain tuan rumah Afrika Selatan di Piala Dunia 2010.

Peluang Ghana mengulang prestasi empat tahun silam cukup terbuka. Pasalnya, pada babak penyisihan grup nanti, Ghana di atas kertas hanya perlu melewati Serbia dan Australia untuk mendampingi tim spesialis turnamen, Jerman yang menjadi favorit di grup ini.

Namun, Ghana juga dipastikan harus berhati-hati dengan sepak terjang Serbia yang pada babak kualifikasi lalu tampil sebagai juara grup, setelah mengalahkan juara Piala Dunia 1998, Prancis yang harus melalui jalur play-off.

Michael ‘Bison’ Essien

Michael Essien yang telah mengoleksi 45 pertandingan dan menyumbang delapan gol, tampaknya bakal menjadi pemain yang paling bersinar di kubu Ghana.

Selain pengalaman berharga yang dibawanya selama merumput bersama Chelsea, Essien juga terkenal sebagai gelandang pekerja keras yang siap membantu serangan maupun turun ke belakang membantu serangan.

Lebih dari itu, Essien juga memiliki kemampuan lain yakni tendangan keras yang pastinya bakal membuat kiper lawan berjuang keras menyelamatkan gawangnya.

Pemain berjuluk Bison ini dikenal garang dan tak kenal lelah. Essien adalah andalan The Blues, dan sudah memainkan 116 pertandingan sejak muysim 2005. Posisinya tidak tergantikan oleh pemain lain. Dan peran itulah yang juga diembannya pada Timnas Ghana.

Essien sudah membela Timnas sejak 2002 lalu. Dan telah mengoleksi 45 laga dengan mencetak 8 gol. Kini, mampukan Bison mengantarkan Ghana ke tempat terhormat di Afrika Selatan?

1 Komentar

  1. Tulisan anda sangat bermanfaat, teruslah menulis !!
    http://mobil88.wordpress.com


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s