Group D : ” Serbia”

Serbia

Data

Asosiasi : Football Association of Serbia
Julukan : Beli Orlovi
Seragam : Merah-Biru
Kapten : Dejan Stankovic
Pelatih : Radomir Antic
Profile Singkat

MENJADI salah satu kontestan yang turun sejak edisi awal Piala Dunia 1930 di Uruguay dengan mengusung nama Kerajaan Yugoslavia, Serbia baru akan melakukan debut sebagai negara sendiri (sebelum 2006 masih bergabung dengan Motenegro) di Afrika Selatan 2010.

Berbekal warisan kejayaan masa lalu Yugoslavia yang sudah mengeyam pengalaman 17 kali tampil di turnamen sepak bola antar bangsa terbesar itu, skuad Serbia tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih, Beli Orlovi-julukan Timnas Serbia- punya sederet nama andalan, contohnya bek Manchester United Nemanja Vidic dan gelandang Inter Milan Dejan Stankovic.

Lolosnya Serbia sendiri dinilai mengejutkan banyak pihak. Berada satu pot dengan runner-up Piala Dunia 2006 Prancis dan salah satu jawara Eropa Timur Rumania, White Eagles-julukan lain Timnas Serbia- mampu membalikkan prediksi publik yang sebelumnya lebih menjagokan Les Blues -julukan Timnas Prancis.

Berbicara kekuatan, Serbia tentunya bisa membanggakan lini belakang mereka. Kehadiran Vidic dan Branislav Ivanovic sebagai palang pintu barisan pertahanan menjadi jaminannya. Apalagi duet bek Premier League tadi akan mendapat sokongan dari pelapis macam bintang muda SS Lazio Aleksandar Kolarov dan pemain Borussia Dortmund Naven Subotic.

Masalah terbesar Serbia hanya pada barisan penyerang. Mereka tidak memiliki bomber handal, sejauh ini mereka hanya mengandalkan Nicola Zigic.

Serbia sendiri masuk di grup D pada Piala Dunia kali ini. Mereka akan berjumpa lawan-lawan berat seperti Jerman, Ghana dan Australia.

Vidic, Tembok Kokoh Serbia

Tidak salah rasanya jika menyebut nama Vidic. Menyandang predikat bek terbaik Premier Legue 2008, tidak diragukan lagi dia akan jadi tumpuan utama di lini pertahanan.

Reputasi mantan punggawa Red Star Belgrade ini sudah tidak diragukan. Secara mental dan pengalaman dia sudah sangat teruji. Vidic terbiasa menghadapi tekanan bermain di level paling karena sudah banyak maka asam garam di Premier League dan Liga Champions.

Vidic memulai karir internasional pada 12 Oktober 2002 melawan Italia di babak kualifikasi Euro 2004. Bersama defender tangguh macam Mladen Krstajic, Ivica Dragutinovic dan Goran Gavrancic, Vidic (ketika masih membela Serbia-Montenegro) mendapat sebutan “Famuos Four” karena keberhasilan mencetak rekor hanya kebobolan satu gol dalam 10 laga kualifikasi Piala Dunia 2006.

Piala Dunia kali ini akan menjadi debutnya pada putaran final. Di Jerman 2006 silam dia urung turut serta karena mengalami cedera lutut parah pada detik-detik terakhir.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s