Group F : “Paraguay”

Paraguay

Data

Asosiasi : Asociacion Paraguaya de Futbol
Julukan : La Albiroja
Seragam : Merah-Putih-Biru
Kapten : Denis Caniza
Pelatih : Gerardo Martino
Profile Singkat

TIM Nasional Paraguay tidak punya catatan positif di pentas Piala Dunia. Albirroja hanya tiga kali lolos babak 16 besar pada 1986, 1998, 2002 dan terhenti sampai di sana saja.

Layak diakui, kualifikasi Piala Dunia 2010 merupakan kontestasi terbaik mereka, tim CONMEBOL kedua yang berangkat ke Afrika Selatan, sepanjang sejarah tiga kali tampil di final turnamen Piala Dunia.

Itu sebabnya, pelatih Gerardo Martino bisa belajar dari dua peluang sebelumnya, yakni saat Paraguayans kandas di fase knock out dari tim tuan rumah Prancis (1998) dan Jerman di Korsel/Jepang, 2002 silam. Juga dari kemunduran performa saat tereliminasi pada putaran pertama Piala Dunia 2006 di Jerman.

Paraguay lolos babak penyisihan grup zona Amerika Selatan dengan koleksi 33 poin. Berada di peringkat ketiga di bawah Brasil dan Chili, mereka mencatat rekor 10 kemenangan, tiga kali seri dan lima kekalahan. Tujuh kemenangan di Estadio Defensores del Chaco dan kekalahan tim bersejarah Argentina membuka lebar peluang skuad Martino mengamankan tiket final turnamen Piala Dunia, sekaligus sebagai peringatan keras untuk ketiga calon rivalnya di Grup F.

Tahun depan merupakan penampilan kedelapan Paraguay di ajang Piala Dunia. Dari delapan kali partisipasi, Albirroja mencatat enam kemenangan, tujuh kali seri dan sembilan kekalahan.

Meski sempat diremehkan kekuatannya pada final drawing Piala Dunia 2010, jika melihat catatan perjalanan selama babak kualifikasi, Paraguay berpotensi menjegal sang juara bertahan Italia.

Jimat Roque Santa Cruz
Roque Luis Santa Cruz Cantero atau yang lebih dikenal dengan Santa Cruz adalah salah satu bintang yang bakal bersinar Paraguay di Piala Dunia 2010. Kapten timnas ini takkan dilupakan begitu saja setelah pada 2006, Santa Cruz dinobatkan sebagai pemain terseksi di ajang Piala Dunia Jerman oleh media massa setempat, Die Welt dan Kicker.

Santa Cruz mengawali debut bersama Albirroja di usia 17 tahun. Tampil di Copa Amerika, Cruz menorehkan aksi gemilang dengan mencetak hattrick.

Pada Piala Dunia 2002, striker klub Premier League Manchester City ini sukses menyelamatkan timnya dari depakan babak penyisihan melalui satu gol. Total tujuh gol telah dicetaknya sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2002 dan 2006.

Sementara itu, menjelang perhelatan akbar di Afrika Selatan, Santa Cruz telah mengantongi gelar top skorer Paraguay di babak kualifikasi dengan koleksi tiga gol.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s