Group F : “Slovakia”

Slovakia

Data

Asosiasi : Slovak Football Association
Julukan : Repre
Seragam : Biru-Putih-Putih
Kapten : Marek Hamsik
Pelatih : Vladimír Weiss
Profile Singkat

SLOVAKIA adalah negara pecahan dari Cekoslovakia. Pada 1992, Slovakia akhirnya memisahkan diri dan pada tahun 1993, mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Sepakbola Slovakia serta bergabung dengan FIFA.

Semasa masih tergabung dengan Cekoslovakia, delapan kali sudah negara ini bermain di Piala Dunia. Namun, Piala Dunia 2010 adalah ajang pertama bagi Slovakia. Tergabung dalam Grup 3 UEFA, Slovakia mampu menyisihkan Rep Ceska, Irlandia Utara dan Polandia. Pada 14 Oktober 2009, Slovakia memastikan diri melaju ke Afrika Selatan dengan menang 1-0 atas Polandia.

Kejelian pelatih Vladimir Weiss dalam meracik tim, diganjar dengan kesuksesan timnya melewati jalur penyisihan grup dengan keluar sebagai juara grup. Weiss mengandalkan kekuatan pemain yang merumput di kompetisi elit Eropa, seperti Inggris, Italia, Jerman dan Belanda.

Kekuatan utama dari tim ini jelas pada sektor pertahanan yang dikomandoi bek asal Liverpool Martin Skrtel. Sementara di lini depan, nama striker Napoli, Marek Hamsik adalah andalan Weiss.

Kekurangan paling serius dari Slovakia adalah terbatasnya pemain bintang. Bila dua atau tiga pemain utama, cedera maka Slovakia akan kekurangan pemain yang bisa diandalkan.

Slovenia akan tergabung dalam Grup F bersama juara bertahan Italia, wakil Amerika Latin, Paraguay dan pendatang anyar Selandia Baru. Melihat performa apik selama babak kualifikasi, Slovakia rasanya bisa mengambil poin dari laga melawan Paraguay dan Selandia Baru.

Batu Karang Skrtel

“Martin sangat agresif, cepat dan bagus di udara. Saya pikir dia adalah pemain yang akan bersinar di masa depan. Dia sangat kompetitif dan punya mental bagus. Sulit bagi striker lawan melewati Martin.”

Itulah kata-kata yang terucap dari pelatih Liverpool Rafael Benitez saat memboyong Martin Skrtel dari Zenit St Petersburg pada 2008 lalu. The Reds harus merogoh kocek sebesar 6,5 juta poundsterling demi mendapatkan pemain dengan postur 195cm ini.

Pengalamannya bertanding di level tinggi Eropa sangat menguntungkan Slovakia. Skartel sudah biasa berhadapan dengan striker tajam di kompetisi Premier League atau Liga Champions bersama The Reds.

Kini pengalaman pemain 25 tahun itu akan sangat berguna bagi timnasnya yang akan berlaga di Piala Dunia 2010. Skrtel akan menghadapi bomber Azzurri, Paraguay dan Selandia Baru. Asal tidak terhantam cedera, Skrtel kemungkinan besar bisa membawa timnya menjadi kuda hitam yang berbahaya di Afrika Selatan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s