Group G : “Korut”

Korea Utara

Data

Asosiasi : DPR Korea Football Association
Julukan : Chollima
Seragam : Merah-Merah
Kapten : Yong Jo
Pelatih : Kim Jong-Hun
Profile Singkat

TIM Asia pertama yang sukses menembus babak perempat final Piala Dunia 1966 di Prancis ini baru kembali dari tidur panjangnya selama hampir 44 tahun. Korea Utara (Korut) akan hadir di Afrika Selatan sebagai salah satu dari empat wakil AFC (Federasi Sepakbola Asia).

Berbekal semangat serta tekad kuat, mereka siap mengejar ketertinggalan dari saudara tuanya Korea Selatan (Korsel) yang segera membukukan caps nomor delapan di turnamen sepakbola paling akbar di jagad raya itu.

Tergabung di grup ‘neraka’ (Grup G) bersama juara lima kali Brasil, jagoan Eropa Portugal serta kuda hitam Afrika Pantai Gading, Korsel jelas menjadi tim paling tidak diunggulkan. Banyak kalangan bahkan berpandangan sinis, kehadiran Chollima-julukan Timnas Korut-hanya akan lumbung poin buat tiga seteru mereka.

Tapi pelatih mereka Kim Jong-Hun yang terkenal keras kepala tidak mau dianggap kalah sebelum bertanding. Jauh-jauh hari dia sudah berpesan agar anak-anak asuhnya tidak mundur sejengkal tanah pun menghadapi lawan-lawan mereka di Afsel nanti. Seluruh pemain Korut harus berpengang teguh pada pengalaman di masa lalu dimana mereka pernah sukses menumbangkan tim unggulan Italia dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup sekaligus menutup peluang Azzurri lolos ke fase berikut.

Jalan Korut menuju Piala Dunia 2010 bisa dibilang cukup terjal. Tampil sejak babak kualifikasi paling dasar, mereka akhirnya memastikan satu tiket setelah berhasil finis kedua di klasemen Grup 2 putaran kedua zona Asia.

Pengalaman tampil di even internasional pastinya akan menjadi kendala utama Hong Yong Jo dkk. Itu semua menilik fakta sebagian besar pemain mereka merupakan produk-produk liga lokal.

Jong Tae Se
Jong Tae Se adalah andalan tunggal Korut di lini depan. Sudah tampil sebanyak 20 kali sejak 2006 silam, dia berhasil mengemas 5 buah gol. Secara perfoma Tae Se sangat mirip dengan bomber Timnas Inggris Wayne Rooney, dia selalu tampil meledak-ledak dan sulit ditebak ketika berada dilapangan.

Tae Se adalah satu dari beberapa pemain Korut yang tampil di liga luar, dia saat ini bermain bersama klub J-League (liga Jepang) Kawasaki Frontale.

Menilik biografinya, pemain 25 tahun tersebut terbilang unik, dia rela mengganti kewarganegaraan (awalnya Korea Selatan) usai menyaksikan Korut dilibas Jepang pada laga babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s