Group G : “Pantai Gading”

Pantai Gading

Data

Asosiasi : Federation Ivoirienne de Football
Julukan : Les Elephants
Seragam : Oranye-Putih
Kapten : Didier Drogba
Pelatih : Vahid Halilhodzic
Profile Singkat

PETA kekuatan sepakbola benua Afrika sudah bisa dibilang bergeser. Sebelumnya dua tim seperti Nigeria dan Kamerun adalah langganan Piala Dunia. Kini Pantai Gading sudah layak disejajarkan sebagai tim elit Benua Hitam.

Pantai Gading memang baru sekali merasakan atmosfer Piala Dunia, pada 2006 di Jerman. Sayang, ketika itu Pantai Gading harus tergabung dalam grup neraka bersama Argentina, Belanda dan Serbia-Montenegro. Pantai Gading takluk melawan Belanda dan Argentina, dan sukses mengalahkan Serbia-Montenegro, hingga finish di posisi tiga.

Faktor pengalaman dan mental juara adalah yang terpenting dalam event sebesar Piala Dunia. Itulah yang belum dimiliki Pantai Gading, kendati mereka didukung skuad yang cukup baik.

Kini Pantai Gading kembali ambil bagian di Piala Dunia 2010. Pada babak penyisihan grup, mereka tergabung dengan Guinea, Burkina Faso dan Malawi. Ketiga tim itu bukanlah lawan yang sepadan untuk Drogba dkk, hingga dengan mudah nelaju ke Afrika Selatan.

Kekuatan utama Pantai Gading adalah pada barisan pemain yang sebagian besar merumput di Eropa. Didier Drogba, Emmanuel Eboue, Kolo Toure. Yaya Toure, Didier Zokora, dan Salomon Kalou adalah nama-nama yang membela klub besar Eropa.

Berbekal barisan pemain bintang ini, bukan tidak mungkin Pantai Gading akan mencatat sejarah dengan menembus babak kedua. Hanya, seperti di Piala Dunia 2006, Drogba cs ini harus kembali tergabung dalam grup neraka. Kali ini mereka tergabung dalam Grup G bersama Brasil, Portugal dan Korea Utara.

Drogba Sang Pemimpin

Sebagai seorang striker, Didier Drogba memiliki semuanya atau masuk dalam kategori sempurna. Penguasaan bola yang baik, pandai mencari posisi, kedua kaki dan kepalannya hidup, serta selalu bermain penuh semangat.

Bergabung dalam klub besar Chelsea, membuat pamor Drogba semakin menanjak. Musim 2009/2010, memasuki musim kelimanya bersama The Blues. Drogba sudah mengantarkan Chelsea dua kali juara Premier League dan FA Cup.

Striker 31 tahun ini terpilih menjadi pemain terbaik Afrika 2006 dan dua kali menjadi pemai terbaik Pantai Gading pada 2006 dan 2007. Bersama Timnas, mantan pemain Marseille ini sudah tergabung sejak 2002, dan tampil di 60 laga dengan torehan 40 gol.

Satu-satunya kekurangan Drogba adalah menjada emosi bermain yang kerap meledak-ledak dalam sebuah laga bertensi tinggi. Drogba juga acap melakukan aksi diving dan kadang merugikan diri dan timnya sendiri.

Terlepas fakta itu, Drogba adalah fenomena sepakbola Pantai Gading. Drogba dinilai sebagai sebuah simbol, panutan dan duta perdamaian untuk negara yang sempat terancam perang saudara di tahun 2004.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s