Group G : “Portugal”

Portugal

Data

Asosiasi : Federacao Portuguesa de Futebol
Julukan : Seleccao das Quinas
Seragam : Merah-Merah
Kapten : Cristiano Ronaldo
Pelatih : Carlos Queiroz
Profile Singkat

PENCAPAIAN terbaik Portugal di pentas Piala Dunia adalah pada 1966 silam di Inggris. Kala itu, Portugal menempati peringkat tiga, disusul raihan sepatu emas untuk Eusebio. Hanya itu, karena setelahnya Seleccao das Quinas benar-benar terpuruk.

Kebangkitan Portugal mulai terasa pada Piala Dunia 2006 di Jerman, setelah empat tahun sebelumnya gagal lolos penyisihan grup. Mereka mencatat rekor tak terkalahkan dengan melibas Belanda dan Inggris demi menelusur tempat di semi final. Sayang, Prancis terbukti lebih tangguh. Cristiano Ronaldo dkk dihempas 1-0 oleh pasukan Les Bleus.

Kendati mengawal penampilan kelima Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan tanpa prestasi gemilang, beberapa tahun terakhir Portugal terbilang sukses menyuguhkan performa dahsyat di lapangan.

Tapi tahun ini berbeda. Skuad besutan Carlos Queiros hanya mampu merebut satu kemenangan dari lima laga penyisihan grup. Praktis, unggulan juara Piala Dunia ini malah terancam terdepak dari turnamen bergengsi.

Tak mau kehilangan peluang, Portugal membalik keadaan di periode kedua kualifikasi Piala Dunia 2010. Mereka mencetak delapan gol tanpa balas di babak 16 besar sekaligus mengamankan posisi usai memetik kemenangan penuh dua leg atas Bosnia-Herzegovina dengan agregat 2-0.

Ujian untuk Portugal agaknya belum benar-benar selesai. Hasil final drawing menempatkan mereka pada grup neraka. Portugal dipastikan bakal tampil habis-habisan dalam persaingan melawan Brasil, Korea DPR dan Pantai Gading di Grup G.

Winger Haus Gol, Cristiano Ronaldo
Siapa yang tak kenal Ronaldo? Kendati julukannya berubah dari CR7 menjadi CR9, mengikuti nomor punggung yang tertera pada kostum tim, Ronaldo tetap dikenal sebagai jimat klub manapun yang dibelanya.

Ronaldo merebut runner up top skorer kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Eropa dengan koleksi tujuh gol. Di tahun yang sama, dirinya mencatat gol perdana Piala Dunia melalui tendangan penalti saat Portugal meladeni Iran.

Winger 24 tahun tersebut mencatat rekor 22 gol dari 68 partisipasinya membela timnas di ajang internasional.

Bintang Real Madrid ini termasyur karena kepiawaiannya memuaskan klub sekaligus menghibur fans dengan aksi ciamik di lapangan. Juga sosialita dan sepak terjangnya yang sensasional. Meski sepanjang babak kualifikasi sempat digadang cedera, bukan sesuatu yang mengherankan bila Pemain Terbaik Dunia 2008 ini menjadi salah satu pria paling ditunggu pada Piala Dunia 2010.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s