Group H : “Honduras”

Honduras

Data

Asosiasi : Federacion Nacional Autonoma de Futbol de Honduras
Julukan : Los Catrachos
Seragam : Putih-Putih
Kapten : Amado Guevara
Pelatih : Reinaldo Rueda
Profile Singkat

HONDURAS negara penghasil pisang terbesar di dunia adalah nama baru dalam kancah Piala Dunia. Tim berjuluk Bicolor ini pernah sekali menjadi kontestan Piala Dunia pada tahun 1982 di Spanyol. Namun, tidak banyak yang bisa dilakukan Honduras di PD 1982, setelah harus tergabung dengan Irlandia Utara, Spanyol dan Yugoslavia.

Prestasi terbaik Honduras terjadi ketika menjadi peringkat ketiga Copa Amerika 2001 dan runner-up di Piala Emas 1991. Selebihnya, negara yang menggunaakan bahasa Spanyol sebagai bahasa Nasional ini selalu kalah saing dengan Meksiko dan Amerika Serikat.

Tahun 2009 adalah prestasi terbaik sepakbola Honduras. Tim senior lolos ke Piala Dunia 2010, sementara Tim U-17, U-20 juga lolos ke putaran final Piala Dunia Junior. Untuk Tim U-23 tampil di Olimpiade Beijing 2008.

Honduras sukses melewati babak kualifikasi zona Concacaf dengan finish di urutan tiga. Honduras berada di bawah Amerika Serikat dan Meksiko. Tiket lolos ke putaran final akhirnya diraih pada 14 Oktober dengan menundukkan El Salvador lewat gol tunggal Carlos Pavon. Selain itu, Kosta Rika juga gagal menang atas AS.

Sebagai tim asal Amerika Tengah, Honduras memiliki gaya permainan yang sedikit berbeda dengan AS atau Meksiko. Honduras lebih mengandalkan pada kekuatan pertahanan dan lini tengah. Untuk serangan, pelatih Reinaldo Rueda lebih menekankan pada serangan balik cepat.

Sayang, kendati memiliki barisan pemain belakang yang cukup tangguh, Honduras tidka memiliki kiper yang baik. Kiper Noel Valladares banyak mendapat kritikan setelah kerap melakukan kesalahan fatal yang berujung gol. Selain itu, Honduras juga minim pengalaman internasional yang berimbas pada lemahnya mental pemain.

Pelatih asal Kolombia Reinaldo Rueda akan menggunakan dua strategi andalan, yakni 4-4-2 dan 4-5-1. Formasi pertama akan digunakan bila bermian di laga kandang dan mengejar kemenangan. Sementara formasi kedua dimainkan pada laga tandang.

Pada PD 2010 nanti, Honduras akan tergabung dalam Grup H bersama Spanyol, Swiss dan Chili. Peluang Suazo dkk cukup terbuka, asal tidak kalah melawan Chili dan Swis.

Kecepatan David Suazo
Sebagai striker, kemampuan David Suazo cukup mumpuni. Suazo yang kini tergabung dengan Benfica, akan sangat dibutuhkan pengalamannya bertanding dalam level tertinggi.

Pengalaman pemain 30 tahun ini adalah pernah membela Inter Milan dan besar dengan Cagliari. Suazo pun tak asing lagi dengan pertandingan besar macam Serie A atau Liga Champions.

Bersama Timnas Honduras, Suazo sudah tampil sebanyak 46 kali dan mencetak 16 gol. Kontribusi besarnya turut mengantarkan Honduras melaju ke Piala Dunia 2010, mewakili zona CONCACAF.

Suazo adalah potret pemain Honduras yang sukses merumput di Eropa, kendati di musim ini dirinya kehilangan tempat di Inter Milan, hingga terpaksa dipinjamkan ke klub Portugal, Benfica.

Kecepatan tinggi adalah andalan utama David Suazo. Dia mempunyai kekuatan fisik yang prima. Sebagai striker, kecepatan dan kontrol bola yang sempurna adalah modal utama. Namun, Suazo yang terbiasa bermain di klub besar, terbiasa dimanjakan dengan pemain bintang lainnya. Di Honduras, Suazo sedikit harus lebih berusaha mencari bola.

Share

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s